The Goth Hit Machine, The cure.



The cure adalah band legendaris asal Crawley, Inggris. Band ini bergenre alternative rock yang didirikan pada tahun 1976 oleh Robert Smith (vocals, guitars), Laurence "Lol" Tolhurst (drums) and Michael Dempsey (bass guitar). Robert Smith adalah personil yang paling konstan keberadaannya pada band tersebut setelah adanya berbagai pergantian personil. Mulai dari didirikannya band tersebut, The Cure telah merilis 13 studio album, 43 video clip dan 37 singles lagu


Pada pertengahan dekade tahun 1980 mengemban musik yang beraliran gothic yang dimana aspek musik hingga cara berpenampilannya bernuansa gelap yang membantu terbentuknya musik beraliran Gothic.  Namun setelah bertambahnya jumlah pendengar dan penggemar dari band ini, sisi gothic pun mulai dilepaskan.

The Cure pertama kali muncul pada industri musik pada akhir dekade 1970 dengan debut album yang dimilikinya yaitu Three Imaginary Boys (1979) yang menjadi hits dengan singles lagu Boy don’t cry dan mencapai peringkat 44 dalam billboard chart di Inggris. Dan dua album berikutnya yaitu Seventeen Seconds (1980) dan Faith (1981) yang masuk dalam 20 top hits dalam chart di Inggris. Dalam kurun waktu 1982 hingga 1996 merilis sebanyak 7 album yang dimana album tersebut berada dalam posisi 10 besar dalam chart di Inggris. Dan album yang paling suksesnya adalah Wish (1992) yang mencapai posisi no.1 pada billboard chart UK dan no.2 pada billboard chart US. 

The Cure adalah band bergenre alternative yang pertama kali mencapai kesuksesan komersil terbesar sebelum alternative rock menjadi mainstream dilingkup industri musik. The Cure pun kerap dijadikan panutan band bergenre alternative rock seperti Smashing Pumpkins dan Interpol. Pada tahun 2004 dinyatakan bahwa band tersebut telah mencapai penjualan dari seluruh album  sebanyak 24 juta copy.   

0 komentar: