The Smiths, One Truly Vital Voice of British Pop.



The Smiths adalah group musik yang bergenre alternative rock namun karena band tersebut berasal dari Inggris genre band tersebut sering disebut Britpop.  Group musik ini didirikan pada tahun 1982 yang berasal dari Manchester, Inggris. Muncul dengan debut albumnya dengan judul The Smiths pada tahun 1984. The Smiths dibentuk oleh guitarist Johnny Marr, bassist Andy Rourke, drummer Mike Joyce  dan vocalist popular asal Inggris bernama Morrissey sekarang ini menjalankan karir solonya dalam bidang musik.


Group musik ini disebut sebagai “the most influential British guitar group of decade” setelah grup musik The Beatles, hal tersebut dinominasikan oleh majalah mingguan di inggris yaitu NME pada tahun 2002 kerena banyak sekali group musik ditahun-tahun berikutnya yang mengadopsi cara bermusik mereka. Seperti halnya grup musik asal Inggris yiaitu Oasis, Blur, dan Pulp adahal hasil dari adanya grup musik The Smiths.


The Smiths telah merilis 4 studio album melalui label independent yaitu Rough Trade Record sebelum mereka dipastikan bubar pada tahun 1987, album tersebut adalah  The Smiths (1984), Meat Is Murder (1985), The Queen Is Dead (1986) and Strangeways, Here We Come (1987). The Smits dipastikan tidak aktif sejak tahun 1987 dikarenakan adanya faktor internal yang melibatkan personilnya yaitu, Morrissey dengan Marr. Satu alasan yang mendasar adalah ketidaksesuaiannya cara bermusik Morrissey dengan Marr yang dimana pada saat itu Morrissey cenderung mengadopsi cara bernyanyi dari seorang musisi pada tahun 1960 dan kurangnya figure menejerial dari band tersebut.

Group musik ini telah beberapa kali berada dalam billboard chart di Inggris dan Amerika melalui karya dimilikinya seperti , degan adanya hal tersbut sangat tidak dapat dipercaya apabila grup musik ini harus bubar lebih cepat. Keberadaan The Smiths dalam industri musik tergolong cepat namun keberadaanya dalam industry musik merupakan sejarah yang besar dalam sejarah musik Britpop mengingat dedikasi yang dimilikinya terhadap industri musik di Inggris. 

0 komentar: