Suede, Best New Band In England.



Suede adalah band rock alternatif Inggris dari London, dibentuk pada tahun 1989. Awal line-up adalah Brett Anderson (penyanyi), Bernard Butler (gitaris), Mat Osman (bass gitaris) dan Simon Gilbert (drummer). Selama berkarir Suede telah merilis 6 studio album, 3 album kompilasi dan 23 singles.


Pada tahun 1992, Suede digambarkan sebagai "The Best New Band In England" dan menarik banyak perhatian dari pers musik Inggris. Tahun berikutnya album debut mereka yang berjudul Suede (1993), berada pada puncak billboard dan menjadi album debut paling cepat terjual dalam sepuluh tahun terakhir. Album ini memenangkan Mercury Music Prize dan membantu mendorong Britpop menjadi salh satu genre musik. Namun, kesuksesan tidak berlanjut pada album berikutnya Dog Man Star (1994), menunjukkan bahwa Suede mulai kehilngan materi dalam membentuk musik bergenre Britpop . karena sesi rekaman untuk Dog Man Star penuh dengan kesulitan tidak seperti Britpop pada uumunya, dan berakhir dengan Butler yang resign dari band setelah adanya pertengkaran dengan Anderson mengenai perbedaan pemikiran mengenai album tersebut. Jumlah pendengar dan penjualan pun menurun akibat peristiwa ini, namun hal tersebut merupakan awal dari kesuksesaan dari album berikutnya.



Suede menjadi salah satu faktor berkembangnnya Britpop dan mencapai sukses komersial di seluruh Inggris, dengan tiga dari lima album studio yang menjadi hits no.1 pada chart. Popularitas mereka tidak hanya di Inggris dan US tetapi memiliki beberapa charting hit di Swedia dan Finlandia. Sukses komersial Suede di Amerika Serikat terbatas, dan karena gugatan dengan penyanyi Amerika dengan nama yang sama, kelompok harus mengubah namanya untuk pasar Amerika The London Suede. Meskipun kurangnya keberhasilan komersial di AS, empat album studio yang dirilis di Amerika semua memetakan di Billboard Top Heatseekers chart, meskipun kelompok tidak pernah berada di US Billboard 200. Suede juga memiliki hit minor di AS, dengan "Metal Mickey" memuncak pada nomor tujuh pada modern Rock Tracks pada tahun 1993, "Everything will flow" charting di nomor 28 di Hot Dance Music/Club Play pada tahun 1999 dan Hit Me in 2013.

0 komentar: