White Shoes and The Couples Company



  
White Shoes and The Couples Company adalah band indie yang cukup bersinar di luar dan dalam Indonesia. Band yang terbentuk sejak tahun 2002 ini pertama kali digawangi oleh Aprilia Apsari (Sari) dan Yusmario Farabi (Rio) yang merupakan sepasang mahasiswa Seni Rupa di Institut Kesenian Jakarta yang terletak di Jakarta Pusat. Kemudian mereka mengajak Saleh sebagai gitar melodi jadi Sari sebagai vokalis dan Rio sebagai gitar rythm. Untuk melengkapi formasi mereka menggandeng Ricky sebagai bass dan cello, Mela sebagai piano, keyboard, dan viola serta John Navid untuk drumer.


Band yang lagunya bernuansa teduh ini pernah tampil di Malang dalam acara yang diselenggarakan oleh Mixth Event Organizer beraliran retro dengan campuran klasik dan swing jazz yang ditambah tone disko bergaya 70-an. Mereka menyesuaikan aliran musiknya dengan pakaian yang bergaya vintage dan oldies.

White Shoes and The Couples Company merilis album pertamanya pada tahun 2005 melalui label Aksara Records dan didistribusikan oleh Universal Musik Indonesia. Selain itu White Shoes and The Couples Company juga turut mengisi album soudtrack film Janji Joni dan Berbagi Suami produksi Kalyana Shira Films. Setelah sukses dengan album perdananya, White Shoes and The Couples Company memproduksi mini album yang diberi judul Skenario Masa Muda yang juga dirilis oleh Aksara Records pada bulan September 2007.

Tak hanya berkiprah di Indonesia, White Shoes and The Couples Company juga menandatangani kontrak dengan Minty Fresh Records, sebuah label rekaman yang berasal dari Chicago, Amerika Serikat. Di bulan Januari 2007, pihak Minty Fresh Records bertemu dengan Aksara Records, yang kemudian sepakat memberikan lisensi kepada Minty Fresh untuk merilis album pertama White Shoes and The Couples Company. Mereka merilis album pertama White Shoes and The Couples Company di lima wilayah yaitu Amerika Serikat, Mexico, Kanada, Australia, dan Jepang.


White Shoes and The Couples Company bisa dibilang kalah terkenal dibandingkan dengan band-band besar di Indonesia yang sering masuk televisi seperti, Ungu, Dewa, Gigi, dll. Namun, kiprah mereka di luar negeri sangat membanggakan dan tidak kalah dengan band terkenal di Indonesia. Prestasi White Shoes and The Couples Company tidak main-main. Mereka mendapatkan penghargaan internasional di antaranya penghargaan dari Allmusic guide sabagai “The 25 Most Crustwothy Band in 2006”, “The 25 Best Band in Myspace in 2007” oleh Rolling Stone.com dan “The Most Blogworthy Band on The Planet in 2007” oleh Yahoo! Music. 

0 komentar: